Berseri Kotaku Biru Langitku

Menciptakan kota yang bersih, sehat, rapi dan indah (berseri) dengan langit biru bebas dari segala polusi udara merupakan kewajiban bagi segenap warga kota semua. Langit biru udara bersih akan terasa sangat nyaman, bernafas terasa lega, bebas dari berbagai pencemar, merupakan jaminan akan hidup sehat. Kualitas udara sangat menentukan kenyamanan dan kenikmatan lingkungan. Udara bersih dan beroksigen sangat penting bagi kehidupan dan kesehatan manusia, karena untuk bernafas manusia memerlukan udara bersih yang beroksigen.
Selama bernafas udara masuk ke dalam paru-paru melalui hidung atau mulut, yang hampir semua komponen kimia termasuk partikel-partikel kotoran dan uap air turut masuk keparu-paru kemudian tertinggal dalam tubuh terutama dalam paru-paru. Suatu pemandangan yang tidak enak mengancam bagi kesehatan dan kenyamanan kita jika udara kita terpenuhi oleh kepulan asap kendaraan dan asap industri yang mencemari kota kita tercinta.
Manusia dapat bertahan hidup dalam beberapa minggu tanpa makan, atau beberapa hari tanpa minum, akan tetapi hanya mampu bertahan hidup beberapa menit tanpa udara. Manusia dapat menolak atau dapat memilih sumber makanan dan minumnya, akan tetapi tidak untuk udara. Manusia tidak dapat menolak menghirup udara pernafasan hanya karena meragukan kemurniannya…[unduh] 34-berseri-kotaku-biru-langitku